We have 44 guests online

Welcome to Our Community Web Portal...       KPBWM (Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar) webs' in English Translation.         Join with us on Facebook

Home Komunitas Kegiatan Panitia Milad 3 KDM Menjejak Sejarah Awal KDM Di Buttu Ondongang

Panitia Milad 3 KDM Menjejak Sejarah Awal KDM Di Buttu Ondongang Print
Written by Muhammad Tom Andari   
Thursday, 28 July 2016 06:44 | Hits : 293 views

Dalam persiapan menuju perhelatan Milad (Ulang Tahun) Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar yang akan dilaksanakan pada tanggal 06 Agustus 2016, pihak panitia pelaksana melakukan kunjungan ke Buttu Ondongang (Kompleks Makam Raja dan Hadat Banggae Mandar) di kab. Majene. Kunjungan ini untuk merekam kembali saat-saat pertama kalinya KDM dibentuk sebagai komunitas yang berkonsentrasi di promosi budaya dan wisata di Sulawesi Barat. KDM pada awalnya dibentuk pada tahun 2013 dari dunia maya menjadi bentuk yang lebih nyata. Saat itu KDM melakukan pertemuan dengan para membernya pertama kali di kota kabupaten Majene, dengan melakukan trip diawali dari Museum Mandar Majene, Makam Syekh Abd. Mannan, Kompleks Makam Raja dan Hadat Banggae hingga berakhir di kampung Pamboborang, sentra pandai besi bersejarah.

jejak sejarah kdm majene

Saat tim panitia milad 3 KDM berada dalam rumah peristirahatan kompleks Makam Raja dan Hadat Banggae Mandar (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Kunjungan ini juga adalah dalam rangka membuat jejak berupa dokumentasi sejarah KDM yang nantinya akan disajikan saat seremonial Milad 3 yang dijadwalkan akan dilaksanakan di Area Sport Centre, (hutan kota) kota Polewali, kab. Polman. Tahun ini Milad 3 KDM mengambil tema "Parade Budaya-Wisata Lokal, Atraksi Dan Promosi Destinasi Sulawesi Barat' akan ada parade berupa jejak budaya beberapa suku yang hidup di Sulawesi Barat dan secara lokal menyajikan potret budaya dan wisata di sekitar kabupaten Polewali Mandar.

jejak sejarah kdm trip

Panitia milad 3 KDM berbekal peta destinasi wisata  (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Dalam kunjungan ini juga pihak panitia pelaksana Milad 3 KDM melihat dari dekat perkembangan yang terjadi di kompleks Makam Raja dan Hadat Banggae Mandar yang banyak mengalami penyempurnaan sebagai destinasi wisata sejarah yang direkomendasikan di kab. Majene. Hal ini menjadi bahan pertimbangan dalam sajian seremonial milad 3 KDM.

jejak sejarah kdm majene makam ondongang

Panitia Milad 3 KDM saat menelusuri langsung kompleks Makam Raja dan Hadat Banggae Mandar
(Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)


jejak sejarah kdm rumah istirahat

Saat tim panitia milad 3 KDM berada dalam rumah peristirahatan melihat deskripsi kompleks Makam Raja dan Hadat Banggae Mandar (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

 

 

Add comment

Jawab :

Login





Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar (KOMPA DANSA MANDAR) in English Translation
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Picasa Album || Youtube Channel
Design - Copyright © 2013-2018